Pelayanan Pemeriksaan Laboratorium Peserta Prolanis Kota Magelang

UPT Laboratorium Kesehatan Kota Magelang bekerjasama dengan Puskesmas se-Kota Magelang dan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) lain seperti Klinik dan Praktek Dokter Keluarga di Kota Magelang, melaksanakan program pemerintah yaitu Kegiatan Prolanis. Program Pengelolaan Penyakit Kronis (Prolanis) merupakan suatu sistem pelayanan kesehatan dan pendekatan proaktif yang dilaksanakan secara terintegrasi yang melibatkan Peserta, Fasilitas Kesehatan dan BPJS Kesehatan dalam rangka pemeliharaan kesehatan bagi peserta yang menderita penyakit kronis. Program ini dapat memfasilitasi pemeriksaan kesehatan rutin bagi para pengidap penyakit kronis. Penyakit kronis yang menjadi fokus Prolanis adalah Diabetes dan Hipertensi. Program ini dilaksanakan sebagai tindak lanjut dari Skrining Penyakit Tidak Menular.

 

Peran UPT Laboratorium Kesehatan Kota Magelang adalah pengambilan sampel darah dan atau urin, serta pemeriksaan terhadap sampel tersebut. Hasil pemeriksaan laboratorium yang dikeluarkan oleh UPT Laboratorium Kesehatan Kota Magelang akan dievaluasi oleh Dokter di puskesmas atau FKTP lain pengirim pasien prolanis tersebut. Kegiatan ini dilaksanakan rutin setiap bulan sekali untuk pemeriksaan GDP (Gula Darah Puasa) dan rutin enam bulan sekali untuk pemeriksaan lengkap sampel darah dan urin. Sejauh ini Faskes yang bekerjasama dengan UPT Laboratorium Kesehatan Kota Magelang yaitu, Puskesmas Magelang Utara, Puskesmas Magelang Tengah, Puskesmas Kerkopan, Puskesmas Jurangombo, Puskesmas Magelang Selatan, Klinik Sano Gracia, Klinik Santa Maria, dan Praktek Dokter Keluarga lainnya (Praktek Dokter Keluarga dr. Jovita, Praktek Dokter Keluarga dr. Christina, dan Praktek Dokter Keluarga dr. Fatma) dengan jumlah pasien rutin sebanyak ± 1000 pasien.

 

Kegiatan ini dilaksanakan secara gratis bagi peserta BPJS aktif dan bertujuan untuk mendorong peserta penyandang penyakit kronis agar mencapai kualitas hidup yang optimal dengan indikator 75% peserta terdaftar yang berkunjung ke Faskes Tingkat Pertama memliki hasil “baik” pada pemeriksaan spesifik terhadap penyakit Diabetes dan Hipertensi sesuai Panduan Klinis. Selain itu, UPT Laboratorium Kesehatan Kota Magelang yang beralamatkan di Jl. Jeruk No. 1A Kramat Selatan, Magelang Utara juga melayani pemeriksaan mandiri (dengan biaya sendiri) dengan cara datang langsung ke UPT Laboratorium Kesehatan Kota Magelang. Info selengkapnya follow akun instagram @labkeskotamagelang atau telp (0293) 314587.