Berita

JELANG HARI RAYA, DINKES KOTA MAGELANG GELAR PEMERIKSAAN KESEHATAN SUPIR TAHUN 2023

 

Menjelang perayaan Hari Raya Idul Fitri, Dinas Kesehatan Kota Magelang mengadakan pelayanan pemeriksaan kesehatan untuk para sopir bus AKAP, AKDP serta Angkutan Kota.

Pemeriksaan kesehatan bagi para sopir yang berlangsung pada Senin, 17 April 2023 itu berlokasi di Ruang Tunggu Terminal Tipe A Tidar Magelang dan bekerjasama dengan pihak Kementrian Perhubungan, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Magelang, Satpol PP Kota Magelang dan Puskesmas se-Kota Magelang.

Tujuan diadakannya kegiatan pemeriksaan kesehatan ini adalah memastikan kondisi kesehatan fisik para sopir untuk menghadapi kondisi arus mudik lebaran.

Penanggung Jawab Pelaksanaan Kegiatan, Agus Tri Ratmoko, S.KM, MPH, mengatakan bahwa pemeriksaan dilakukan tanpa dipungut biaya sepeser pun, dengan satu tim medis yang terdiri dari satu dokter, lima perawat dan satu analis laboraturium.

“Melalui kegiatan ini tentunya diharapkan dapat menjaga kesehatan fisik dari pengemudi dan kru, khususnya dalam menghadapi persiapan arus mudik lebaran,” ujar Agus.

Pelayanan kegiatan pemeriksaan kesehatan ini juga mendapat antusiasme yang cukup tinggi. Baik dari calon penumpang, sopir, kru, serta agen PO.

Joko Purnomo, SH, MM selaku Penanggung Jawab Terminal Tipe A Tidar, menyampaikan bahwa program pemeriksaan kesehatan gratis adalah kegiatan yang sudah menjadi rutinitas tahunan saat menjelang lebaran.

Selain itu, ia juga memberikan imbauan kepada para pemudik untuk bersama-sama berusaha untuk mengurangi angka kecelakaan lalu lintas dalam arus mudik lebaran tahun 2023 ini.

Hal tersebut dapat dilakukan dengan cara selalu menaati peraturan lalu lintas, menjaga kondisi fisik dan kesehatan selama perjalanan mudik, melakukan peregangan disaat kebdaraan berhenti, selalu bersikap santun ketika berkendara, serta melengkapi surat-surat kendaraan bermotor termasuk Surat Izin Mengemudi (SIM).