ArtikelJurangomboKerkopanMagelang SelatanMagelang TengahMagelang UtaraPuskesmas

Pencanangan SubPIN Polio Kota Magelang Tahun 2024

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DINKES KOTA MAGELANG_  Pemberian imunisasi novel Oral Polio Vaccine Type 2 (nOPV2) menargetkan 11.476 anak berusia 0- 7 tahun wilayah Kota Magelang. Target cakupan sekurang-kurangnya adalah 95% untuk masing-masing putaran dan merata di setiap tingkatkan, mulai dari desa, kecamatan, sampai kabupaten.

Putaran pertama Sub Pekan Imunisasi Polio (Sub PIN Polio) di Provinsi Jawa Tengah, Jawa Timur dan Kabupaten Sleman Yogyakarta telah resmi dimulai pada Senin, 15 Januari 2024. Wilayah pemberian imunisasi tambahan adalah seluruh kabupaten/kota di Provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur yang merupakan lokasi terjadinya KLB polio. Pemberian imunisasi tambahan juga dilakukan di Kabupaten Sleman DIY, yakni daerah yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Klaten, lokasi ditemukannya kasus polio beberapa waktu lalu.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Magelang dr.Istikomah  menjelaskan Sub PIN Polio ini menargetkan anak berusia 0 sampai 7 tahun, tanpa memandang status imunisasi sebelumnya. Artinya, meski status imunisasi sudah lengkap, anak tetap harus mengikuti program Sub PIN Polio. Turut hadir dalam kegiatan pencanangan ini Wakil Walikota Magelang KH. M. Mansyur menyampaikan sambutan Walikota Magelang bahwa “pencegahan polio tidak hanya dengan imunisasi saja.  juga dapat dilakukan dengan memastikan kebersihan, baik kebersihan makanan dan minuman yang dikonsumsi, kebersihan diri, maupun kebersihan lingkungan. masyarakat pun perlu memastikan untuk buang air besar di jamban yang sehat. karena, virus tersebut bisa menyebar di lingkungan sekitar melalui feses. kondisi kesehatan lingkungan yang buruk dapat mempercepat penyebaran virus”.

Sebagai penutup, “peran Bapak dan Ibu semua sesuai tugas dan fungsi masing-masing serta partisipasi aktif dari seluruh masyarakat sangat dibutuhkan dalam menyukseskan kegiatan ini, karena itu kami sangat berharap adanya komitmen dari Bapak/Ibu dalam mendukung kegiatan ini”

Acara dilanjutkan dengan simbolis penetesan imunisasi pin polio oleh Wakil Walikota Magelang, Ibu Ketua Tim Penggerak Kota Magelang, Kepala Dinas Kesehatan Kota Magelang beserta jajaran terkait, dan pelepasan balon ke udara sebagai pertanda Sub PIN Polio untuk wilayah Kota Magelang dimulai.