BeritaInstalasi FarmasiJurangomboKerkopanMagelang SelatanMagelang TengahMagelang Utara

KEJADIAN LUAR BIASA (KLB) POLIO DILAPORKAN, DINKES KOTA MAGELANG SIAP SUKSESKAN SUB PIN POLIO

KOTA MAGELANG_ Adanya kasus lumpuh layu akibat virus Polio dilaporkan di Jawa Tengah, Dinkes Kota Magelang adakan sosialiasi dan advokasi lintas sektor dalam rangka mensukseskan Sub Pekan Imuniasi Nasional (PIN) Polio. Surat Edaran Menteri Kesehatan Nomor 1051 Tahun 2023 yang diterbitkan pada 29 Desember 2023. Subpekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio, menurut rencana, dilakukan dengan memberikan vaksin oral nOPV2 ke seluruh sasaran anak usia 0-7 tahun 11 Bulan tanpa memandang status imunisasi sebelumnya. Sub-PIN Polio dilakukan dua putaran dengan putaran pertama pada 15 Januari 2024 dan putaran kedua pada 19 Februari 2024.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Budi Santoso, S.Kep, NERS, M.M menyampaikan dalam sambutannya saat sosialisasi Lintas Sektoral “Untuk Wilayah Kota Magelang kegiatan Launching Sub PIN Polio akan dilaksanakan di Kelurahan Kramat Selatan pada tanggal 15 Januari 2023 pukul 08.30 WIB. Sangat diharapkan dukungan dan kerja sama dari semua pihak Lintas Sektoral  baik untuk pendataan, serta pengarahan target sasaran Sub PIN Polio tahun ini. Khusus untuk Kota Magelang jumlah sasaran berdasarkan Pusdatin Kemenkes yaitu 11.746 anak”.

Dalam sambutannya Dokter Istikomah selaku Kepala Dinas Kesehatan Kota Magelang menyampaikan. “Cakupan imunisasi yang rendah menjadi salah satu penyebab masih adanya penularan polio pada anak di Indonesia. Oleh karena itu Cakupan Imunisasi harus dicapai minimal 95% dari target sasaran untuk setiap putaran.

Berdasarkan kajian epidemiologi masih ditemukan risiko penularan, Sub-PIN putaran berikutnya bisa dilakukan. Lokasi pelaksanaan imunisasi pun dapat diperluas sesuai dengan perkembangan situasi dan kajian epidemiologi. Tempat Pelayanan Imunisasi yaitu Puskesmas, Puskesmas Pembantu, Posyandu, Satuan Pendidikan misalnya PAUD, TK, SD/Sederajat.

 

Oleh; Ismelda Iyou

5 Januari 2024  14.41