Artikel

SOSIALISASI KANKER LEHER RAHIM DINAS KESEHATAN KOTA MAGELANG PADA KADER KESEHATAN

Dalam rangka peringatan Hari Kanker Sedunia  dan dalam rangka Rencana Aksi Nasional Eliminasi Kanker Leher rahim, Dinas Kesehatan Kota Magelang menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Kanker Leher Rahim pada kader kesehatan sekota Magelang. Dimana Tema peringatan hari kanker sedunia yang diangkat di tahun 2024 ini adalah”Close the Care Gap” atau “Tutup Kesenjangan Perawatan” sub tema dalam kampanye ini  yaitu “Together, we challenge those in power” atau “Bersama-sama, kita menantang mereka yang berkuasa”.Maksud tema kali ini agar tidak ada lagi kesenjangan di antara pasien kanker. Pasien kanker ataupun bukan diharapkan bisa bersama-sama membuat kemajuan nyata dalam mengurangi dampak kanker secara global. Dengan adanya tema tahun ini diharapkan bisa menghilangkan kesenjangan kesehatan dengan mengatasi akar permasalahannya, memastikan bahwa setiap orang memiliki akses terhadap layanan kesehatan yang berkualitas kapan, dimana, dan bagaimana mereka membutuhkannya.

Kanker leher rahim masih menjadi salah satu penyakit yang paling berbahaya dan mematikan. Hal ini perlu disadari. Pengetahuan tentang upaya memutus sel kanker tumbuh dan menyebar perlu ditingkatkan,dengan adanya Sosialisasi Kanker leher rahim  diharapkan bisa memberi edukasi kepada kader kesehatan dan masyarakat  untuk membangun kesadaran tentang bahaya kanker, khususnya kanker serviks dan payudara yang angka kasusnya paling tinggi dibandingkan yang lain serta meningkatkan  semangat pada pasien kanker untuk terus hidup sehat dan yakin akan kesembuhan. Peningkatan pemahaman sejak dini adalah langkah yang perlu untuk mengatasi segala jenis ketakutan berhadapan dengan kanker demi memperjuangkan kehidupan . Semakin banyak yang dijangkau, semakin tinggi pula tingkat pemahaman yang akan tercipta. Harapan kita, semakin tinggi juga untuk melakukan deteksi dini dan vaksinasi HPV (Human papillomavirus) untuk mencegah kanker serviks, sedang bagi masyarakat awam diharapkan bisa membuka mata untuk mulai melakukan gaya hidup sehat supaya terhindar dari penyakit kanker.

Kegiatan  Sosialisasi ini dilaksanakan di aula gedung Adipura pada hari Selasa , 6 Februari 2024  terselenggara menggunakan anggaran APBD II tahun anggaran 2024,  dihadiri oleh 100 kader kesehatan  sekota Magelang yang berperan aktif bertanya dan berdiskusi seputar kanker leher rahim, deteksi, penanganan dan pengobatannya.  Dinas Kesehatan Kota Magelang menghadirkan Ibu Arum Lusiana, Si.ST, M.Keb Dosen Poltekkes Semarang Prodi Kebidanan sebagai narasumber kegiatan beliau merupakan aktivis pemberhati perempuan dan peduli dalam bidang kesehatan masyarakat.