Artikel

Kampung Santun Lansia

Kampung Santun Lansia

Secara alami proses menjadi tua mengakibatkan para lanjut usia (lansia) mengalami kemunduran fisik dan mental. Salah satu permasalahan yang sangat mendasar pada lansia adalah prevalensi penyakit pada lansia mengalami peningkatan dari waktu ke waktu. Hal ini terjadi karena kerentanan terhadap penyakit dan disabilitas meningkat seiring dengan bertambahnya usia, sehingga diperlukan upaya menyeluruh untuk meningkatkan kesehatan pada masyarakat khususnya kelompok pra lansia dan lansia serta upaya pembinaan dan pelayanan yang terus menerus.

Permasalahan utama pada populasi lansia adalah masalah kesehatan, masalah sosial dan ekonomi. Semakin tinggi usia harapan hidup, semakin tinggi pula jumlah populasi lansia. Untuk itu perlu berbagai upaya untuk menjaga kualitas hidup lansia dan dukungan dari berbagai pihak untuk mengupayakan yang terbaik untuk para lansia. Pemerintah Kota Magelang sangat berkomitmen untuk mengupayakan kesejahteraan lansia, melalui kebijakan, program kerja dan upaya pelayanan yang diberikan.

Kampung Santun Lansia adalah tatanan kehidupan sosial kemasyarakatan beserta lingkungannya yang mendukung dan berorientasi terhadap kesejahteraan lansia di tatanan kampung/berbasis RW. Pendekatan sosial, pendekatan kesehatan (jasmani dan rohani), pendekatan lingkungan , pendekatan pendidikan dan spiritual serta pemberdayaan keluarga lansia menjadi lima aspek penting yang mendukung Kampung Santun Lansia di Kota Magelang.

Camat Magelang Utara melakukan Pencanangan Kampung Santun Lansia di RW X Kramat Selatan, Kecamatan Magelang pada Sabtu Pon, 20 Juli 2024. Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Dinas Kesehatan Kota Magelang, Kepala Puskesmas Magelang Utara, Koramil Magelang Utara, Polsek Magelang Utara, Kelurahan Kramat Selatan, FKK, BKL Dian RW X Kramat Selatan, serta kader posyandu dan warga RW X Kramat Selatan. Hal ini merupakan lokasi pertama /pilot project pengembangan Kampung Santun Lansia di Kota Magelang.

Lansia butuh dukungan semua pihak untuk bisa hidup sehat dan sejahtera. Hal ini sesuai dengan tema yang diusung dalam perayaan Hari Usia Lanjut tahun 2024 yakni Lansia Terawat, Indonesia Bermartabat.