Waspada Omicron varian XBB, Dinkes Kota Magelang adakan Monev & Penguatan Terhadap Tracer 3 Pilar (Nakes, Bhabinkamtibmas, Bhabinsa)

 

Dinas Kesehatan Kota Magelang bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) kembali melakukan Pertemuan Monitoring dan Evaluasi Covid-19 serta pembinaan dan penguatan Tracer untuk Pelacakan Kontak Erat. Kegiatan ini diselenggarakan pada hari Selasa, 8 November 2022 pukul 09.00 Wib di Aula Mako 1 Polres Magelang Kota dan  diikuti oleh Pic Corona Jateng (Corjat) serta perwakilan tracer Bhabinkamtibmas dan Bhabinsa wilayah Kota Magelang.

Dalam sambutannya Wakapolres Magelang Kota Kompol Supriyadi, S.H mengatakan bahwa “akhir- akhir ini memang sedang mengalami tren kenaikan kasus Covid-19 di seluruh Indonesia dan juga wilayah Jawa Tengah terkhusus Wilayah Kota Magelang, oleh karena itu kegiatan ini sangat bermanfaat sekali guna meningkatkan 3T dalam penanganan. Covid-19 Sub Varian terbaru Omicron-XBB. Besar harapannya agar para peserta yang tediri dari Bhabinsa, Bhabinkamtibmas dan Puskesmas dapat bahu membahu guna pencegahan Covid-19 Varian terbaru ini”

Sambutan kedua disampaikan oleh Yis Romadon, SKM, M.Kes selaku Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kota Magelang. Terkait Kebijakan inmendagri terbaru no.47 Tahun 2022 bahwa seluruh wilayah Indonesia termasuk Kota Magelang berada pada PPKM Level 1 dengan masa berlaku 8 hingga 21 November 2022. Akan tetapi data di Dashboard Kemenkes menunjukan bahwa Kota Magelang berada pada Level 3. Berdasarkan grafik Skor Zonasi wilayah Jawa Tengah Kota Magelang berada pada urutan ke-4 tertinggi.

Untuk lebih jelasnya Hasil Analisa data dan  situasi perkembangan Covid-19 Kota Magelang dipaparkan oleh Ismelda Iyou, SKM, M.Kes selaku pengelola dan analis data Covid-19 Kota Magelang. Dalam paparannya dijelaskan bahwa di Dashboard Kemenkes Kota Magelang berada pada level 3 karena Kapasitas Respon dalam hal ini Testing sangat rendah. Semakin tinggi jumlah kasus konfirmasi (positif rate) maka seharusnya testingnya juga meningkat. Disamping itu juga, Transmisi Komunitas berada pada tingkat 2 karena jumlah kasusnya meningkat signifikan dan pasien rawat inap Rumah Sakit Rujukan juga tinggi yaitu lebih dari 10 pasien.

Hasil kegiatan monev Covid-19 disepakati bahwa testing Kota Magelang kembali ditingkatan sesuai dengan inmendagri terbaru, yaitu 261/hari. Serta mengaktifkan kembali grub Whats Up Tracer guna memudahkan koordinasi terkait pelacakan Kontak Erat Pasien di lapangan.