ArtikelBerita

PERTEMUAN PENGUATAN SISTEM RUJUKAN TERINTEGRASI (SISRUTE)

PERTEMUAN PENGUATAN SISTEM RUJUKAN TERINTEGRASI (SISRUTE)

By. Bidang PSDK

 

Dinas Kesehatan melalui Bidang Pelayanan dan Sumber Daya Kesehatan pada hari Selasa, 29 November 2022 melaksanakan pertemuan penguatan Sistem Rujukan Terintegrasi (SISRUTE), denga menghadirkan narasumber dari RSUP Doktor Kariadi Semarang, bapak Yosep Aditya Wicaksana, S.Kom. SISRUTE merupakan proses rujukan antar fasilitas pelayanan kesehatan dengan menggunakan teknologi informasi berbasis internet yang dapat menghubungkan data pasien dari tingkat layanan lebih rendah ke tingkat layanan lebih tinggi atau sebaliknya serta sederajat (horizontal maupun vertikal) dengan tujuan untuk mempermudah dan mempercepat proses rujukan pasien, hal ini dalam rangka melaksanakan SE DIRJEN YANKES NOMOR HK.02.02/I/1161/2022 (31 MARET 2022) Implementasi Penggunaan Aplikasi Sistem Rujukan Terintegrasi (SISRUTE) Dalam Penyelenggaraan Rujukan Pelayanan Kesehatan Perorangan.Tujuannya :

  1. Terintegrasinya sistem informasi rujukan pada seluruh fasilitas kesehatan baik primer, sekunder maupun tertier (puskesmas/Klinik dan RS)
  2. Terwujudnya percepatan pelayanan rujukan di RS
  3. Mempermudah proses administarsi rujukan dengan pemanfaatan teknologi informasi

Saat ini ada pembaharuan alur pembaharuan SISRUTE

  1. Pendaftaran akun sisrute dari Dinkes, Faskes, PSC melalui surat pengantar yang ditanda tangani atasan
  2. Mengisi Form pendaftaran/ Registrasi melalui https://sirs.kemkes.go.id/fo/Sisrute
  3. Kemudian uploud dokumen permohonan Sisrute
  4. Validasi oleh Dinkes (Approve atau Not Approved)
  5. User password akan dikirim ke email masing-masing faskes

Permasalahan di Kota Magelang saat ini :

  1. Masih ada fasilitas pelayanan Kesehatan yang telah memiliki akun SISRUTE namun tidak aktif dalam penggunaan
  2. RS penerima rujukan masih kurang komitmen merespon permintaan rujukan dari SISRUTE
  3. Beberapa faskes telah menggunakan Sistem Informasi Rujukan lain yang tidak terintegrasi dengan SISRUTE
  4. Update data terkait informasi dari kompetensi RS di SISRUTE belum dilakukan secara optimal.

Dari pertemuan ini diharapkan semua Fasilitas Kesehatan di Kota Magelang memanfaatkan pelayanan Rujukan dengan SISRUTE, sehingga dapat terlihat rekam jejak dalam rujukan pasien.