ArtikelBerita

Upaya Menurunkan AKI, AKB dan Prevalensi Stunting, Dinkes Kota Magelang Gandeng PKBI

Kota Magelang- Upaya meningkatkan  capaian program KBPP (Keluarga Berencana Pasca Persalinan dan Pasca Keguguran) serta menurunkan Angka Kematian Ibu (AKI), Angka Kematian Bayi (AKB) dan prevalensi Stunting di Kota Magelang, maka Dinas Kesehatan melalui Bidang Kesehatan Masyarakat menggandeng Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) untuk penguatan strategi KBPP.  Tujuan dari KBPP adalah mengatur jarak kelahiran, jarak kehamilan, dan menghindari kehamilan yang tidak diinginkan, sehingga setiap keluarga dapat merencanakan kehamilan yang aman dan sehat.

Capaian KBPP tahun 2022 dikota Magelang masih dibawah target yang ditetapkan yaitu sebesar 12,3 %, dengan target 70%. Oleh karena itu, para Pasangan Usia Subur (PUS) diharapkan dapat memilih kontrasepsi secara rasional baik dengan tujuan menunda kehamilan (di usia kurang dari 21 tahun), menjarangkan kehamilan (usia 21-35 tahun), ataupun agar tidak hamil lagi (usia lebih dari 35 tahun).

Kegiatan ini berlangsung pada hari Senin, 29 Mei 2023 Pukul 10.00 sampai 14.00 WIB di Aula Pangripta Lantai 1 Bappeda Kota Magelang. Narasumber dalam kegiatan ini yaitu dr. Danu Lestariyanto Sp.OG dari PKBI Cabang Kota Magelang dan pesertanya diikuti oleh seluruh Bidan Koordinator dan Bidan Wilayah Se-Kota Magelang.

Terlaksananya kegiatan ini diharapkan mampu meningkatkan kapasitas tenaga kesehatan dalam memberikan pelayanan serta melakukan konseling KBPP.