Berita

PERTEMUAN TIM PELAKSANA KESEHATAN JIWA MASYARAKAT (TPKJM) KOTA MAGELANG

Masalah kesehatan jiwa telah menjadi masalah kesehatan yang belum terselesaikan di tengah-tengah masyarakat, baik di tingkat global maupun nasional karena itu  perlu perhatian serta Kerjasama dari seluruh lintas sektor. Kerjasama lintas sektor unsur masyarakat dan kemitraan swasta, Lembaga sosial masyarakat, organisasi profesi secara terpadu dan berkesinambungan dalam rangka meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan masyarakat dalam menghadapi masalah Kesehatan jiwa sehingga dapat tercapainya target minimal 100% ODGJ mendapatkan pelayanan sesuai standar di Kota Magelang.

Gambaran jumlah kasus ODGJ di Kota Magelang tahun 2023 semester 1 dari target 305 kasus baru mencapai 178 (58.3%) ODGJ yang mendapatkan pelayanan sesuai dengan standar dengan kategori Psikotik akut dan Skizoprenia.

Dalam rangka memenuhi target minimal ODGJ yang mendapat pelayanan sesuai standar di Kota Magelang maka diadakan pertemuan Tim Pelaksana Kesehatan Jiwa Masyarakat (TPKJM) tingkat Kota Magelang yang bertugas melakukan upaya pencegahan dan penanggulangan masalah Kesehatan jiwa masyarakat di Kota Magelang. Pertemuan diadakan pada hari Selasa, 25 Juli 2023 di aula BAPPEDA Kota Magelang. Tujuan dilaksanakan kegiatan ini yaitu:

  1. Meningkatkan pemahaman tentang kebijakan dan alur pencegahan dan penanggulangan ODGJ (Orang Dengan Gangguan Jiwa) di Kota Magelang.
  2. Melakukan upaya promotif dan preventif tentang kesehatan jiwa di Kota Magelang
  3. Melakukan evaluasi dan monitoring tentang kesehatan jiwa berdasarkan pada hasil bintek ke Puskesmas di Kota Magelang untuk disampaikan kepada program dan OPD terkait untuk dapat dilakukan tidak lanjut.

Peserta kegiatan sejumlah 50 orang, yang terdiri dari masing – masing 1 orang karyawan dari Organisasi Perangkat daerah di Kota Magelang dan 5 orang Pemegang Program Jiwa dari Puskesmas se-Kota Magelang. Unsur Kecamatan dan Kelurahan di Kota Magelang.  Kegiatan dilaksanakan hari Selasa, 25 Juli 2023 pukul 09.30 WIB – selesai, tempat Aula Badan perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Magelang.