Artikel

SOSIALISASI KESEHATAN JIWA PADA KADER KESEHATAN DALAM RANGKA MEMPERINGATI HARI KESEHATAN JIWA SEDUNIA TAHUN 2023

 

Hari Kesehatan Jiwa Sedunia (HKJS) atau World Mental Health Day diperingati setiap tanggal 10 Oktober setiap tahunnya, tema global yang diusung tahun ini adalah “Mental Health is a Universal Human Right” dengan tema Nasional “Sehat Jiwa Hak Asasi Semua Orang”. Tema ini dipilih untuk menekankan bahwa kesehatan mental adalah hak asasi manusia yang mendasar bagi semua orang.

Setiap orang, siapapun dan dimanapun berada berhak atas standar kesehatan jiwa tertinggi yang dapat dicapai, mencakup hak untuk dilindungi dari risiko kesehatan jiwa, ha katas layanan yang tersedia, dapat diakses, dapat diterima, berkualitas baik, serta hak atas kebebasan, kemandirian dan inklusi dalam masyarakat (WHO).

Seseorang dengan gangguan jiwa berhadapan dengan stigma, diskriminasi dan marginalisasi. Stigma dapat mengakibatkan penderita tidak mencari pengobatan yang sebenarnya sangat mereka butuhkan. Marginalisasi dan diskriminasi dapat meningkatkan risiko kekerasan pada hak- hak individu, hak politik, ekonomi, sosial dan budaya.

Sosialisasi ini dilaksanakan di Aula Bappeda Kota Magelang pada hari Selasa, 24 Oktober 2023 dan dihadiri oleh 45 Kader Kesehatan Jiwa se- Kota Magelang. Acara diawali oleh sambutan oleh Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Budi Santoso, S.Kep., Ners, M.M dan paparan analisa situasi Program Kesehatan Jiwa oleh Ita Maria, AMK selaku penanggung jawab program Penyakit Tidak Menular(PTM) dan Keswa. Narasumber pada acara ini yaitu Endah Purwanti, M.Psi.,Psikolog, RST dr. Soedjono Magelang.