Artikel

Penguatan Penyelenggaraan Kota Sehat dan Issue Strategis Bidang Kesehatan Masyarakat

 

 

Kota Magelang tahun 2025 mempunyai target terwujudnya Kota Sehat. Kota Sehat merupakan bagian dari dinamika dan semangat pemerintah daerah bersama masyarakat secara berkelanjutan menciptakan dan meningkatkan kualitas lingkungan baik fisik, sosial, ekonomi, dan budaya yang berorientasi pada pemberdayaan masyarakat.

Kebijakan Program Kesehatan Masyarakat antara lain melalui 1) penguatan pelayanan kesehatan primer dalam upaya kesehatan masyarakat melalui pemberdayaan masyarakat, 2) Penerapan pendekatan keberlanjutan pelayanan (continuum of care), 3) Mendorong lintas sektor mewujudkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat. Kebijakan tersebut dilakukan dengan 6 (enam) strategi yaitu, akselerasi pemenuhan akses pelayanan KIA, remaja dan lanjut usia yang berkualitas, mempercepat perbaikan gizi masyarakat, meningkatkan penyehatan lingkungan, Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat, Upaya Kesehatan Kerja dan Olahraga, serta dukungan manajemen dan pelaksanaan tugas teknis lainnya.

Dalam mewujudkannya maka perlu adanya komunikasi, koordinasi dan kerja sama dari lintas sektor maupun lintas program. Melalui rapat koordinasi bidang Kesehatan masyarakat, diharapkan masing- masing OPD lintas sectoral dan lintas program mendukung dan berperan dalam mewujudkan kota sehat.

Peserta Rapat Koordinasi diikuti oleh beberapa lintas sektor yakni Bappeda, Kesra, Dinas Pendidikan, Dinas perumahan & kawasan Permukiman, dinas lingkungan hidup, DPU, Disperindag, Dinas perhubungan, disporapar, dinas social, BPBD, kemenag, Cabang dinas Wilayah VIII, Direktur PDAM, DP4KB, Kepala Terminal Tipe A, camat, Kepala Puskesmas, PJ UKM, Lintas bidang dinas Kesehatan.

Acara berlangsung di Hotel Trio pada tanggal 30 Oktober 2023 pukul 08.00 WIB. Diawali dengan sambutan pembukaan oleh Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Magelang Yis, Romadhon, SKM, M.Kes. Narasumber pada kegiatan ini yaitu Kabid Kesmas Dinkes Provinsi Jateng yakni Bapak I Dewa Made Widaryana, SKM, M.Kes.