Artikel

Wujudkan Generasi Emas Tahun 2045, Dinkes Kota Magelang Selenggarakan Workshop Layak Hamil

 

Kota Magelang_Hingga bulan Oktober 2023 jumlah kematian ibu di Kota Magelang nihil, sedangkan jumlah kematian balita tahun 2023 sebanyak 6 kasus yang terdiri dari 2 neonatal, 2 bayi dan 2 balita. Jumlah kelahiran hidup sampai bulan oktober sebesar 823 balita, sehingga secara prevalensi dari 6 kasus tersebut sebesar 4,92.

Target penurunan Stunting di Kota Magelang pada tahun 2023 sebesar 10,16%, tahun 2024 sebesar 8,65%. berdasarkan hasil penimbangan bulan September 2023, prevalensi stunting sebesar 9,8%. Terdapat 383 balita pendek dan sangat pendek dari  3895 balita yang ditimbang di posyandu.

Dalam penanganan stunting, Dinas Kesehatan mempunyai tanggung jawab melakukan intervensi spesifik, dimana sasaran dalam penanganan stunting dimulai  dari usia remaja, calon pengantin, ibu hamil, ibu nifas, bayi dan balita.  Dalam pelaksanaan kegiatan yang berkaitan dalam penanganan stunting sudah diupayakan semaksimal mungkin dengan berbagai program yang ada.

Pelayanan Kesehatan pada masa sebelum hamil, terdapat 3 kelompok sasaran, diantaranya yaitu: remaja, calon pengantin, (catin) dan pasangan usia subur (PUS). dimana pelayanan tersebut memberikan penekanan pada aspek promotof dan preventif melakui komunikasi informasi dan edukasi (KIE) dan deteksi dini. Pelayanan Kesehatan masa sebelum hamil meliputi anamnesis, pemeriksaan fisik, pemeriksaan penunjang dan tata laksana dengan memberikan penekanan yang berbeda sesuai dengan kebutuhan khusus untuk setiap kelompok.

Dengan latar belakang tersebut maka, Dinas Kesehatan berupaya menyelenggarakan kegiatan penguatan program skrining layak hamil melalui penguatan jejaring fasilitas pelayanan Kesehatan dan lintas sektoral dengan tujuan untuk  mendukung terwujudnya kehamilan yang sehat baik fisik, mental dan social, sehingga  terwujud generasi emas tahun 2045.

Acara ini berlangsung di Hotel Trio Kota Magelang pada hari Selasa, 24 Oktober 2023 dimulai pukul 08.00 Pagi, diawali sambutan oleh Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dra. Ulfa Hanum, Apt, selanjutnya acara dibuka oleh Kepala Dinas Kesehatan Kota Magelang yaitu dr. Istiqomah.  Narasumber pada kegiatan ini yaitu, dr. Rahmalina, Sp OG Dari Soeroyo Hospital,  Rani Hari Murti, S.Kep. Ns, MKM, Dinkes Prov. Jateng dan dr. Susini Rangkai Sari, Sp. Kj. RSUD Tidar. Peserta diikuti oleh FKTP ( Puskesmas dan klinik pratama & Utama), FKRTL ( Rumah sakit pemerintah & swasta), Praktek mandiri bidang (PMB), Organisasi profesi, Organisasi masyarakat, PKK Kota, Kecamatan dan Bidang PSDK. Acara ini berjalan lancar dengan semangat dan antusias para peserta dalam memberikan pertanyaan kepada para narasumber dan dipandu Moderator yaitu dr. Valentina Ndaru FK, MH, MPH, FISQua.

_HumasDKK_