ArtikelBerita

IMPLEMENTASI GERMAS DI TATANAN SEKOLAH : MAN KOTA MAGELANG

GERMAS merupakan tindakan yang sistematis dan terencana yang dilakukan bersama-sama oleh seluruh komponen bangsa dengan kesadaran, kemauan dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup. Kampanye sekolah sehat untuk mewujudkan anak Indonesia yang sehat, kuat dan cerdas berkarakter.

Pembudayaan Germas dilaksanakan di berbagai tatanan.  Salah satunya institusi pendidikan/ sekolah. Sekolah merupakan salah satu tatanan yang potensial dilakukannya pemberdayaan masyarakat dalam upaya implementasi Germas.  Masyarakat sekolah terdiri dari sebagian besar siswa yang berusia remaja dengan berbagai masalah yang kompleks yang dapat mengakibatkan dampak buruk bagi kesehatannya.  Untuk mencegah hal tersebut perlu dilakukan upaya bersama yang melibatkan kader kesehatan sekolah sebagai edukator bagi kelompok sebayanya untuk mengimplementasikan Germas di lingkungan sekolah

Fokus germas di tatanan pendidikan :

A = Aktivitas fisik secara teratur dan terukur
B = Bersama-sama menjaga kebersihan diri dan lingkungan sekolah
C = Cek kesehatan secara berkala
D = Diet gizi seimbang (isi piringku) dan kantin sehat di sekolah
E = Edukasi perilaku hidup sehat
F = Fokus pada penerapan KTR, KTN, KTP, KTK
G = Gerakan bersama minum tablet tambah darah

Kegiatan dilaksanakan pada hari Rabu 1 November 2023 pada pukul 07.00-13.00 WIB bertempat di Aula MAN Kota Magelang. Kegiatan ini dilaksanakan bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah, Dinas Kesehatan Kota Magelang, Puskesmas Magelang Utara, dan MAN Kota Magelang. Tujuan kegiatan ini adalah memberikan Edukasi kepada Remaja Putri (Rematri) untuk bisa melaksanakan gerakan bebas Anemia.

Pelaksanaan kegiatan ini dibuka oleh Kepala Kementrian Agama Kota Magelang yang dalam hal disampaikan oleh Bapak DR. Sofia Nur, M.Pd dilanjutkan pembukaan oleh Dinas Kesehatan Jawa Tengah Ibu Siti Nur Aini, SKM,M.Kes,. Kegiatan kedua yakni penyerahan Media Edukasi dari Dinas Kesehatan Privinsi Jawa Tengan kepada MAN Kota Magelang, Penandatanganan Komitmen Bersama Germas oleh semua pihak yang terlibat dan para siswi kelas XII dan XI MAN Kota Magelang sejumlah 31 siswi.

Pada kesempatan ini juga diberikan tentang Paparan Pemberdayaan Masyarakat Sekolah Kader Kesehatan Sekolah dan Guru UKS, Edukasi Germas dan Pemaparan Materi Bebas Anemia, dilanjutkan dengan Minum Tablet Tambah Darah serta “Flashmob Ceria”. Tidak lupa para siswi MAN Kota Magelang juga diperiksa kesehatannya oleh Tim Puskesmas Magelang Utara berupa pengukuran Tensi, BB, TB dan Hb.