ArtikelBeritaJurangomboKerkopanMagelang Selatan

GEBYAR DETEKSI DINI FAKTOR RISIKO PENYAKIT TIDAK MENULAR (PTM) DINAS KESEHATAN KOTA PADA KARYAWAN PEMERINTAH KOTA MAGELANG

Dalam rangka peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 59 dengan Tema yang diangkat di tahun 2023 ini adalah ”Transformasi Kesehatan untuk Indonesia Maju”. Tema ini dipilih untuk menggambarkan bagaimana keberhasilan transformasi kesehatan yang dilakukan oleh Dinas kesehatan Kota Magelang dengan berkolaborasi dan melibatkan berbagai pihak terkait yang bertujuan meningkatkan dan mendorong masyarakat untuk hidup lebih sehat agar bisa lebih produktif dan menjadi lebih maju melalui kolaborasi lintas sektor.

Penyelenggarakan kegiatan Gebyar Deteksi Dini Faktor Risiko Penyakit Tidak Menular (PTM)  merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam peringatan Hari Kesehatan Nasional Dinas Kesehatan, dimana kegiatan ini diharapkan mendorong kemandirian kesehatan seluruh karyawan Pemerintah Kota Magelang dalam meningkatkan kesadaran, pengetahuan, kewaspadaan tentang isu kesehatan dan mengingatkan masyarakat tentang pentingnya menjaga kesehatan. Hal ini merupakan upaya promotif dan preventif, mencakup promosi gaya hidup sehat, pencegahan penyakit, dan pentingnya melakukan deteksi dini. Kegiatan  ini dilaksanakan di Halaman belakang Kantor Walikota Magelang pada hari Jumat, 3 November 2023 dan dihadiri oleh 150 Karyawan Pemerintah Kota Magelang. Acara diawali oleh Senam Jantung sehat oleh seluruh karyawan kemudian dilanjutkan kegiatan Skrinning Faktor Risiko PTM yang di mulai dari Meja  1  yaitu Pendaftaran, dimana pada meja 1 dilakukan pencatatan Identitas Karyawan Pemkot Pengkajian Riwayat Kesehatan dan faktor Risiko, serta Assesment Kesehatan Jiwa menggunakan Form SRQ (Self Reporting Questionnaire) Kemudian Skrrining dilanjutkan di meja kedua untuk pemeriksaan Indeks Massa Tubuh ( IMT), Penimbangan Berat badan dan Tinggi Badan, menuju meja ke 3 adalah pemeriksaan tekanan darah dan Meja ke 4 adalah pemeriksaan laboratorium Gula darah dan Cholesterol. Pada meja ke 5 dilakukan konsultasi Kesehatan terkait hasil skrining dimana pada meja ke lima ini sekaligus dilakukan promosi gaya hidup sehat.

Kegiatan ini terselenggara atas kerjasama berbagai pihak yaitu, bagian kesejahteraan rakyat setda Kota Magelang, Puskesmas Jurangombo, Puskesmas Magelang Selatan , Puskesmas Kerkopan dan Diskominsta Kota Magelang.