Berita

SOSIALISASI DAN PEMERIKSAAN HIV AIDS BAGI WARGA BINAAN PEMASYARAKATAN DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN KELAS IIA MAGELANG

Kasus infeksi baru HIV-AIDS dari tahun ke tahun semakin banyak, hal ini menandakan bahwa masih tingginya angka penularan penyakit tersebut di masyarakat. Selama tahun 2022 di fasilitas kesehatan di Kota Magelang ditemukan penderita HIV-AIDS sebanyak 71 kasus dengan rincian 13 kasus HIV AIDS berasal dari penduduk yang berdomisili di Kota Magelang dan 58 kasus HIV AIDS berasal dari luar kota.

Dari kasus yang ditemukan, disamping berasal dari populasi beresiko seperti Lelaki Seks dengan lelaki (LSL), Waria dan Wanita Pekerja Seksual (WPS) sebagian juga berasal dari populasi khusus seperti ibu hamil, pasien TB dan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP). Pada tahun 2022 ditemukan 1 kasus HIV-AIDS dari warga binaan pemasyarakatan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II A Magelang dan telah menjalani pengobatan ARV secara rutin. Oleh karena itu sebagai antisipasi perkembangan kasus HIV-AIDS khususnya di Lembaga Pemasyarakatan perlu dilakukan upaya deteksi dini dan pencegahan kasus HIV-AIDS di Lembaga Pemasyarakatan tersebut.

Dinas Kesehatan Kota Magelang pada tahun 2023 ini bekerjasama dengan Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Magelang menyelenggarakan Sosialisasi dan Pemeriksaan HIV AIDS bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP). Acara ini dilaksanakan pada tanggal 21- 22 Juni 2023.

Bertempat di Lapas Kelas IIA Magelang sebanyak 400 WBP telah dilakukan pemeriksaan kesehatan dalam rangka deteksi dini penyakit HIV AIDS. Kegiatan dibuka oleh Kusbiyantoro, Bc IP, SH, MH selaku Plt. Kepala Lapas Kelas IIA Magelang . Dalam sambutannya Plt. Kepala Lapas Kelas IIA Magelang menekankan agar para Warga Binaan Pemasyarakatan untuk mematuhi peraturan yang telah diberlakukan di Lapas diantaranya tidak menggunakan narkoba, tidak melakukan kekerasan, dan tidak melakukan vandalisme. Kegiatan juga diisi dengan sosialisasi tentang penyakit HIV AIDS oleh dr. Roberta Rini Isyunti selaku Kepala Klinik Kesehatan Lapas Kelas IIA  Magelang.

Sebanyak 5 (lima) tim dari Puskesmas se-Kota Magelang digerakkan untuk melaksanakan kegiatan pemeriksaan HIV AIDS di Lapas tersebut. Budi Santoso, S.Kep Ners selaku Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan tiap tahun oleh Dinas Kesehatan Kota Magelang bekerjasama dengan Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Magelang, dikarenakan WBP merupakan salah satu bagan dari kelompok khusus yang berisiko tertular penyakit HIV AIDS sehingga harus dilakukan pemeriksaan HIV AIDS secara rutin.