Berita

SOSIALISASI PELAYANAN KESEHATAN USIA PRODUKTIF DAN SKRINING KESEHATAN USIA PRODUKTIF PADA KADER KESEHATAN KOTA MAGELANG AULA GEDUNG ADIPURA KENCANA KOTA MAGELANG

Indonesia saat ini menghadapi pergeseran pola penyakit dari penyakit menular menjadi penyakit tidak menular ( PTM ). Peningkatan prevalensi PTM terjadi akibat gaya hidup tidak sehat yang di pacu oleh urbanisasi, modernisasi dan globalisasi. Pada saat ini pola kesakitan menunjukan bahwa Indonesia mengalami double burden of disease atau beban ganda dimana penyakit menular masih banyak diderita oleh masyarakat, di sisi lain terjadi peningkatan penyakit tidak menular (PTM). Adanya pergeseran pola penyakit dan peningkatan prevalensi kasus penyakit tidak menular maka diperlukan optimalisasi pelayanan pada usia produktif.

Pelayanan kesehatan pada usia produktif adalah Pelayanan Kesehatan yang diberikan pada setiap warga negara usia 15 tahun sampai 59 tahun sesuai standar dalam bentuk edukasi dan skrining kesehatan dalam kurun waktu satu tahun. Pelayanan kesehatan untuk usia produktif yang sesuai standar meliputi skrining faktor risiko penyakit menular, penyakit tidak menular.serta edukasi kesehatan. Pelayanan skrining faktor risiko pada usia produktif meliputi pengukuran tinggi badan, berat badan, lingkar perut dan Indeks Massa Tubuh (IMT), pengukuran tekanan darah, pemeriksaan laborat gula darah serta anamnesa perilaku berisiko.

Pelayanan kesehatan untuk usia produktif sangat penting guna mendukung produktivitas dan kualitas hidup yang optimal. Kesehatan pada usia produktif sangat dipengaruhi oleh pola hidup sehat, seperti makanan sehat dan seimbang, aktivitas fisik teratur, serta pengelolaan stress yang efektif. Untuk mendukung tercapainya kesehatan pada usia produktif, Dinas Kesehatan Kota Magelang menyelenggarakan “Sosialisasi Pelayanan Kesehatan Produktif kepada Kader Kesehatan” yang dilaksanakan pada tanggal 26 Juni 2023 di Aula Gedung Adipura Kencana Kota Magelang, dimana kegiatan ini dihadiri oleh Bapak Wakil Walikota Magelang Bapak Drs. M. Mansyur, M.Ag. sebagai narasumber, Bapak Waluyo sebagai anggota komisi B DPRD kota magelang juga berkenan hadir sebagai narasumber pada kegiatan tersebut. Serta narasumber  dari Dinas Kesehatan Kota Magelang yaitu Ibu dr. Valentina Dharu, M.H, M.P.H.

Sasaran Kegiatan Sosialisasi Pelayanan Usia Produktif dan Skrinning Kesehatan Usia Produktif adalah kader kesehatan sebanyak 102 orang yang dihadirkan mewakili 17 kelurahan se-Kota Magelang. Kader Kesehatan mempunyai peran besar dalam upaya meningkatkan kemampuan masyarakat menolong dirinya sendiri untuk mencapai derajat kesehatan yang optimal. Wujud peran serta Kader Kesehatan adalah memberikan sumbangsih tenaga dan waktu untuk mensosialisasikan pengetahuan tentang kesehatan kepada masyarakat. Kader Kesehatan juga berperan dalam pembinaan dan pendampingan kepada masyarakat di bidang kesehatan melalui kegiatan yang dilakukan di Posbindu PTM. Diharapkan dengan terselenggaranya kegiatan ini, akan tercipta penguatan  kolaborasi terintegrasi antar lintas sektoral di Kota Magelang terkait peningkatan Deteksi Dini Usia Produktif dalam rangka Upaya Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular di Kota Magelang.